Implementasi Kebijakan Distribusi Kartu Indonesia Pintar Kepada Siswa SMP Di Kabupaten Bantul

Kurnia Indriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat kebijakan distribusi Kartu Indonesia Pintar kepada siswa SMP di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pengelola PIP di dinas dan sekolah, orang tua siswa, siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: implementasi kebijakan distribusi KIP kepada siswa SMP di Kabupen Bantul secara keseluruhan belum terlaksana secara optimal. Sumber daya manusia meliputi pengelola PIP di dinas dan sekolah, anggaran dikelola pemerintah pusat terbatas, peralatan memadai, aspek disposisi dinilai kurang optimal di sekolah, dan struktur birokrasi sudah optimal sesuai perannya. Faktor pendukungnya disposisi dinas optimal, informasi lengkap, pengaduan masyarakat, sumber daya peralatan memadai. Faktor penghambat adalah komunikasi kurang, sumber daya manusia kurang personil di dinas, anggaran terbatas, dan disposisi kurang optimal di sekolah

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2021). Angka Putus Sekolah (APS) Per Jenjang Pendidikan. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/481-angka-putus-sekolah-aps-per-jenjang-pendidikan?id_skpd=1 (Diakses pada 16 Desember 2021 pukul 15.22 WIB).

Anonim. (2021). Modus Bancakan Anggaran Bantuan Indonesia Pintar. https://new-indonesia.org/modus-bancakan-anggaran-bantuan-indonesia-pintar/ (Diakses pada 16 Desember 2021 pukul 16.01)

Hardani et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

H.M. Hasbullah. (2014). Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Jayani, Dwi Hadya. (2021). 938 Anak Indonesia Putus Sekolah Akibat Pandemi Covid-19. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/ pada 15 Desember 2021 pukul 17.20 WIB.

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 10, Tahun 2020, tentang Program Indonesia Pintar.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: United States of America.

Noeng Muhadjir. (2000). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Raka Sarasin.

Riant Nugroho. (2012). Public Policy. Jakarta: Gramedia

Rohman, Arif. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediautama.

Setiawan, Farid dkk. (2021). Legitimasi Dan Komunikasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(2), 17-18

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sumpeno, Triyono. (2020). Implementasi Kebijakan Tunjangan Kinerja Dinamis Berdasarkan Sistem Penilaian Berbasis Kinerja di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Purwakarta. Dinamika: Jurnal Ilmih Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 81.

Syaukani, dkk. (2004). Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Wahab, Solichin Abdul. (2015). Analisis Kebijakan: Dari forulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, J. (2017). Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Meda Nusa Creative (MNC Publishing).

Winarno, Budi. (2012). Kebijakan dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakrata: Media Presindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i1.18118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics