Kesiapan Mengajar Mahasiswa PPL Pendidikan Sejarah Angkatan 2013 FIS UNY dengan Adanya Penerapan Kurikulum 2013

Sulis Setiani Kusuma.D, Muh.Nur Rokhman M.Pd.

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan penerapan kurikulum 2013 yang berhubungan dengan kesiapan mengajar mahasiswa PPL Pendidikan Sejarah angkatan 2013 FIS UNY sehingga menjadikan mata pelajaran sejarah sebagai mata pelajaran yang penting. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kesiapan mengajar mahasiswa, yang mencakup persiapan desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. 2) Selain itu, mengetahui kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam membuat persiapan pembelajaran yang berhubungan dengan kesiapan mengajar 3) serta solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.

Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini digali hal-hal yang berkaitan dengan kesiapan mengajar mahasiswa yang mencakup pembuatan desain pembelajaran yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPL pendidikan sejarah angkatan 2013 serta dosen pengampu micro teaching. Adapun pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dengan narasumber, serta dokumentasi yang mendukung penelitian. Validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis menurut Milles & Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta analisis data kuantitatif yang menurut Suharsimi Arikunto untuk mengkonversi data kuantitatif menjadi data kualitatif.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan 1) mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2013 FIS UNY memiliki kesiapan yang baik dengan prosentase 72,7%. 2) Mahasiswa mengalami kesulitan diantaranya pembuatan materi, pemilihan metode pembelajaran, ketidaksesuaian RPP dengan pelaksanaan pembelajaran, pembuatan instrumen penilaian, serta pengambilan data atau proses penilaian. 3) Mahasiswa selalu menggunakan buku-buku yang masih relevan untuk membuat materi pembelajaran dan mencari referensi metode pembelajaran serta memaksimalkan perencanaan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar. Secara umum kesulitan-kesulitan yang ada dapat diatasi dengan adanya pemahaman yang berkaitan dengan kesiapan membuat desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dari mata kuliah kependidikan yang sudah ditempuh.

 

Kata kunci: kesiapan mengajar, PPL, kurikulum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto