PERANAN TREM SERAJOEDAL STROOMTRAM MAATSCHAPPIJ DALAM PERKEMBANGAN PENGANGKUTAN DI BANYUMAS 1896-1899

Ageng Nur Ma’ruf

Abstract


Trem Serajoedal Stroomtram Maatschappij merupakan sebuah perusahaan swasta penyedia jasa angkut bagi perkebunan tebu dan pabrik gula. Penelitian ini bertujuan untuk; pertama, mengetahui keadaan Banyumas sebelum kedatangan kereta api, kedua mengetahui proses pembukaan jalur trem Serajoedal Stroomtram Maatschappij, dan ketiga untuk mengetahui peranan dari trem Serajoedal Stroomtram Maatschappij dalam perkembangan pengangkutan di Banyumas.

                Peneliti menggunakan metodologi penelitian sejarah kritis yang terdiri dari lima tahapan. Pertama, penentuan topik, kedua pengumpulan sumber baik sumber primer maupun sekunder. Ketiga, kritik sumber yaitu kritik ekstern maupun intern terhadap sumber-sumber yang diperoleh, keempat interpretasi atau penafsiran terhadap fakta-fakta sejarah yang telah ditemukan, dan kelima historiografi atau penulisan sejarah secara kronologis.

                Penelitian ini tentang keadaan geografis dan sarana transportasi di Banyumas sebelum kedatangan kereta api yang menghambat proses eksploitasi pemerintah kolonial Hindia-Belanda, kebutuhan akan alat angkut massal semakin mendesak, teknologi kereta api menjadi jawaban atas masalah ini. Perusahaan swasta Serajoedal Stroomtram Maatschappij adalah pihak yang akan mengkesploitasi Banyumas dengan jaringan tremnya. Pada awal beroperasinya trem Serajoedal Stroomtram Maatschappij pihak yang paling berkepentingan untuk menggunakannya adalah perkebunan tebu dan pabrik gula, namun, pada akhirnya sektor lain juga ikut memanfaatkannya. Kehadiran trem Serajoedal Stroomtram Maatschappij menjadi sebuah revolusi transportasi yang berhasil mendorong ekonomi Banyumas, perannya sebagai penyedia jasa angkutan barang membuat proses pengangkutan barang-barang menjadi semakin cepat dan modern.

 

Kata Kunci : Trem, Serajoedal Stroomtram Maatschappij, Banyumas, 1896-1899.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto