PENGEMBANGAN PLATFORM GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI DI SMK MA’ARIF WONOSARI UNTUK PLATFORM ANDROID

Galang Lintar Brian Seto

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan platform game yang bersifat edukasi
bagi kalangan SMK Ma’arif Wonosari untuk materi sistem operasi berbasis Android.
Pembelajaran dengan menggunakan platform game, diharapkan dapat menambah motivasi siswa
untuk belajar.
Platform game akan dikembangkan menggunakan metode Research and Development
yang terdiri dari 10 tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan
produksi masal. Aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan Platform game adalah
Construct 2. Kelayakan dari platform game yang telah dikembangkan akan dinilai oleh tim ahli
media, tim ahli materi, dan siswa. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Ma’arif Wonosari
dengan bantuan 40 siswa kelas X sebagai responden. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah angket atau kuisioner. Data yang diperoleh akan disesuaikan nilainya berdasarkan
skala likert. Untuk menguji fungsionalitas dari platform game, dilakukan blak box testing.
Hasil pengujian black box menyatakan bahwa semua fungsi yang disediakan telah
berfungsi dengan baik. Hasil perhitungan persentase kelayakan untuk ahli media adalah sebesar
83,46% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan persentase kelayakan ahli
materi adalah sebesar 90% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan persentase
kelayakan uji coba awal adalah sebesar 79,92% yang termasuk dalam kategori layak. Sedangkan,
perhitungan uji coba lapangan mendapat persentase sebesar 78,89% yang termasuk dalam
kategori layak. Dari hasil pengujian dan perhitungan persetase di atas, platform game yang
dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Platform Game, Research and Development, kelayakan, sistem operasi.
Abstract
The aim of this study is to produce an educational platform game for the student of SMK Ma'arif
Wonosari as the Android-based operating system materials. Learning with platform game is expected to
increase students' motivation.
The platform game is developed using Research and Development method that consists of 10
stages: potencies and problems, data collection, product designs, design validation, design revisions,
product testing, product revision, utility testing, product revision, and mass production. The application
used to develop the platform game is Construct 2. The feasibility of the developed platform game is
assessed by a team of media experts, a team of matter experts, and students. This study was conducted at
SMK Ma'arif Wonosari with the help of 40 students of class X as the respondents. The instruments used to collect the data were questionnaires. The value of the collected data was adjusted based on the Likert
scale. To test the functionality of the platform game, black box testing was performed.
The results of the black box testing are all the provided functions worked properly. The result of
the feasibility percentage calculation for the media experts is 83.46% which is in very decent category.
The result of the feasibility percentage calculation for the matter experts is 90% which is in very decent
category. The result of the feasibility percentage calculation of the initial trials is 79.92%, which is in
decent category. Meanwhile, the result of the feasibility percentage calculation of field trials is 78.89%
which is in decent category. From the result of the testing and calculation percentage above, the
developed platform game is feasible to use as a learning media.
Keywords: Platform Game, Research and Development, feasibility, operating system.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i4.4692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.