PENGARUH MOTIVASI EKONOMI, MOTIVASI SOSIAL, MOTIVASI LINGKUNGAN DAN PERCEIVED DIGITAL SECURITY TERHADAP PARTISIPASI MENGGUNAKAN PLATFORM SHARING ECONOMY

Mar’atun Salamah, Ratna Candra Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi ekonomi, (2) pengaruh motivasi sosial, (3) pengaruh motivasi lingkungan dan (4) pengaruh perceived digital security terhadap partisipasi menggunakan platform sharing economy di bidang transportasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling) dan pengambilan sampel berdasarkan kemudahan (convenience sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap partisipasi menggunakan platform sharing economy, (2) motivasi sosial berpengaruh positif terhadap partisipasi menggunakan platform sharing economy, (3) motivasi lingkungan tidak berpengaruh terhadap partisipasi menggunakan platform sharing economy, dan (4) perceived digital security berpengaruh positif terhadap partisipasi menggunakan platform sharing economy.

 

Kata kunci: Sharing economy, motivasi ekonomi, motivasi sosial, motivasi lingkungan, perceived digital security


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.