ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PEMAKAIAN GOPAY BAGI MASYARAKAT TULI DI INDONESIA DI PANDEMI COVID-19

Gustian Hafidh Mahendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) pengaruh sosial (Social Influence) terhadap niat penggunaan aplikasi Gopay pada masyarakat tuli, (2) motivasi hedonis (motivation hedonis) terhadap niat penggunaan aplikasi Gopay pada masyarakat tuli, (3) kebiasaan (habbit) terhadap niat penggunaan aplikasi Gopay pada masyarakat tuli, (4) ekspektasi kinerja (performance expectancy) terhadap niat penggunaan aplikasi Gopay pada masyarakat tuli, (5) ekspektasi usaha (effort expectancy) terhadap niat penggunaan aplikasi Gopay pada masyarakat tuli, dan (6) nilai harga  (Price Value) berpengaruh positif terhadap niat penggunaan aplikasi Gopay pada masyarakat tuli.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di seluruh Indonesia. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Tuli yang berjumlah 156 responden. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 151 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Price Value berpengaruh positif terhadap Behavior Intention pada penggunaan Gopay, sedangkan variabel Social Influence, Motivation Hedonic, Habit, Performance Expentancy, dan Effort Expentancy tidak berpengaruh pada Behavior Intention dalam penggunaan Gopay.

 

Kata Kunci: Behavior Intention, Gopay, masyarakat Tuli, Covid-19


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.