FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INDIVIDU DALAM MEMBELI PRODUK ASURANSI SECARA ONLINE

Dhea Raka Nindya

Abstract


Abstrak: Faktor yang mempengaruhi keputusan individu dalam membeli produk asuransi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan individu dalam membeli asuransi secara online dengan menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use  Of Technology 2 (UTAUT2). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPls 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tujuh inti variabel UTAUT2 hanya variabel performance expectancy dan effort expectancy yang berpengaruh positif terhadap niat individu dalam membeli asuransi secara online, sedangkan Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit tidak berpengaruh terhadap niat membeli asuransi. Berkaitan dengan keputusan membeli produk asuransi maka, Facilitating Condition dan Behavioral Intention berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan membeli produk asuransi online, sedangkan Habit tidak berpengaruh terhadap keputusan membeli produk asuransi online.

Kata Kunci : Asuransi Online, UTAUT2,  Behavioral Intention, Use Behavior.

Abstract :  Factors affecting individual decisions in buying online insurance products. This study aims to gain a better understanding of the factors that influence individual decisions in buying insurance online by using the Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT2) Model. The data collection of this research used an online questionnaire with purposive sampling method with a total sample of 102 respondents. The data analysis technique used SEM-PLS with SmartPls 3.0 software. The results of this study indicate that of the seven core UTAUT2 variables, only performance expectancy and effort expectancy have a positive effect on individual intentions to buy insurance online, while Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, and Habit have no effect on intention to buy insurance. Regarding the decision to buy insurance products, Facilitating Condition and Behavioral Intention have a significant positive effect on the decision to buy insurance products online, while Habit has no effect on decisions to buy insurance products online.

Keywords : Online Insurance, UTAUT 2, Behavioral Intention, Use Behavior.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.