ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA SEKOLAH PONDOK PESANTREN MODERN BINA UMAT

Ibrahim Alirafi, Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Mimin Nur Aisyah, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Analisis Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balance Scorecard pada Sekolah Pondok Pesantren Modern Bina Umat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja Sekolah Pondok Pesantren Modern Bina Umat dengan menggunakan pendekatan Balance Scorecard (BSC). Penelitian ini merupakan studi kasus. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian diperoleh berjumlah 158 responden yang terdiri dari 86 santri, 45 guru, dan 27 karyawan. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perspektif keuangan menunjukkan kinerja tidak baik mencapai skor 7 dari 15 (46,66%) dengan bobot pengukuran 20%; (2) Perspektif pelanggan menunjukkan kinerja sangat baik mencapai skor 14 dari 15 (93,33%) dengan bobot pengukuran 30%; (3) Perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja sangat baik mencapai skor 26 dari 30 (86,66%) dengan bobot 30%; (4) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja baik mencapai skor 12 dari 15 (80%) dengan bobot pengukuran 20%. Hasil pengukuran kinerja keseluruhan Bina Umat menunjukkan bahwa kinerja Bina Umat dinilai baik mencapai skor 59 dari 75 (78,66%).

           

Kata Kunci: Pengukuran kinerja, Balance Scorecard, Kinerja Sekolah, Pondok Pesantren


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.