PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Niken Rizky Astiti, Adeng Pustikaningsih

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Desain penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.

 

Kata kunci: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.