PENGARUH KESADARAN MEMBAYAR PAJAK, PEMAHAMAN TENTANG PERATURAN PERPAJAKAN, DAN PERSEPSI EFEKTIVITAS PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN LINGKUNGAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PELAKU UMKM DI KABUPATEN SLEMAN)

Navi Astuti, Amanita Novi Yushita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel yaitu Kesadaran Membayar Pajak, Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, dan Persepsi Efektivitas Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, serta variabel Kesadaran Membayar, Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, dan Persepsi Efektivitas Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi  yang dimoderasi oleh Lingkungan Wajib. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi pelaku UMKM di Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling, menggunakan teknik incidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 150. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel Kesadaran Membayar Pajak, Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, dan Persepsi Efektivitas Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi serta Lingkungan Wajib Pajak memoderasi positif pengaruh masing-masing variabel Kesadaran Membayar Pajak, Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, dan Persepsi Efektivitas Perpajakan.

Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran Membayar Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Persepsi Efektivitas Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.