Revitalisasi permainan tradisional sebagai pengembangan Desa Wisata Muncar

Nonik Rahesti, Hernandiaz Putra Sri Pamungkas, Fajar Awang Irawan, Muhammad Khoirudin Bagas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mahasiswa Unnes Giat 6 dalam merevitalisasi permainan tradisional yang ada di Desa Muncar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu perangkat desa dan masyarakat Desa Muncar. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahsiswa KKN Unnes Giat 6 memilih dalam merevitalisasi permainan tradisional dengan memberikan peralatan tradisional yang dibuat sendiri bersama bantuan masyarakat Desa Muncar. Simpulan dan saran dalam penelitian ini yaitu penyediaan media permainan tradisional yang dilakukan dalam hal revitalisasi dikatakan berhasil di beberapa dusun di Desa Muncar. Dengan ragam permainan tradisional yang disediakan dengan tujuan dapat melestarikan budaya permainan tradisional di Desa Muncar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat khususnya anak-anak Desa Muncar. Dukungan Pemerintah Desa sangat diperlukan untuk pelestarian dan perkembanga dalam menggerakkan masyarakat untuk terus melestarikan budaya permainan tradisional

 

Revitalization of games traditional games as a development of Muncar Tourism Village


This study aims to find out how Unnes Giat 6 students revitalize traditional games in Muncar Village. This study used qualitative methods, using data obtained through observation, interviews, and documentation. Respondents in this study were village officials and the people of Muncar Village. The results showed that KKN Unnes Giat 6 students chose to revitalize traditional games by providing traditional equipment made by themselves with the help of the Muncar Village community. The conclusions and suggestions in this study are that the provision of traditional game media carried out in terms of revitalization is said to be successful in several hamlets in Muncar Village. With a variety of traditional games provided with the aim of preserving the culture of traditional games in Muncar Village, it can be well received by the community, especially the children of Muncar Village. Village Government support is needed for preservation and development in mobilizing the community to continue to preserve the culture of traditional games.


Keywords


Revitalisasi; Permainan Tradisional; Pengembangan Wisata



DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v5i1.20554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nonik Rahesti, Hernandiaz Putra Sri Pamungkas, Fajar Awang Irawan, Muhammad Khoirudin Bagas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats