Peran Tokoh Masyarakat dalam Menumbuhkan Nilai Gotong Royong pada Generasi Muda Melalui Tradisi Sinoman di Dusun Jalakan, Triharjo, Pandak, Bantul

Miyatun Miyatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran tokoh masyarakat dalam menumbuhkan nilai gotong royong pada generasi muda melalui tradisi sinoman di Dusun Jalakan, (2) mengetahui faktor pendukung tokoh masyarakat dalam menjalankan perannya, dan (3) mengetahui faktor penghambat tokoh masyarakat dalam menjalankan perannya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Peran tokoh masyarakat dalam menumbuhkan nilai gotong royong melalui tradisi sinoman di Dusun Jalakan, yaitu sebagai: (a) penanggung jawab, (b) figur, (c) motivator, (d) pembimbing dan pelatih, dan (e) pengawas (2) faktor pendukung, yaitu: (a) antartokoh masyarakat saling mendukung, (b) pengasuhan orang tua, (c) kesadaran pemuda, dan (d) kemajuan  teknologi, (3) faktor penghambat, yaitu: (a) tingkat pendidikan tokoh masyarakat yang tidak tinggi dan (b) pemuda yang kurang memiliki kesadaran terkait tradisi sinoman.

Keywords


tokoh masyarakat, sinoman, generasi muda

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, L. R. T., & Asriwandari, H. (n.d.). Tradisi Sinoman Sebagai Sistem Pertukaran Sosial di dalam Pelaksanaan Pesta Pernikahan Adat Jawa. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1).

Haryanta, A. T., & Sujatmiko, E. (2018). Kamus Sosiologi. Aksarra Sinergi Media.

Khalik, N. (2018). Kepemimpinan Kaum Muda (M. Rofi’i (ed.)). Cempaka Putih.

Krisnandi, H., Efendi, S., & Sugiono, E. (2019). Pengantar Manajemen (Melati (ed.)). LPU-UNAS.

Kustiana, A. (2012). Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Berkurangnya Keterlibatan Pemuda Dalam Aktivitas Sinoman (Laden) Pada Acara Hajatan Pernikahan Masyarakat Dusun Sungapan, Argodadi, Sedayu, Bantul Periode Tahun 2010 Sampai Tahun 2021. Universitas Negeri Yogyakarta.

Liputan6. (2021). Mengenal Tradisi Sinoman Saat Hajatan di Daerah Jawa, Masih Ada? M.Liputan6.Com. https://m.liputan6.com/regional/read/4599835/mengenal-tradisi-sinoman-saat-hajatan-di-daerah-jawa-masih-ada

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.

Pamungkas, M. I. (2012). Akhlak Muslim Modern. Penerbit Marja.

Purbowinanto, Y. (2021). Memelihara Budaya Gotong Royong. CV Indrajaya.

Purwanggono, C. J. (2020). Buku Ajar Kepemimpinan. Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan ke). Alfabeta.

Sundari, Gunarsi, S., & Prasetyo, A. (2016). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Remaja Melalui Kegiatan Sinoman. Seminar Nasional: Pembentukan Karakter Dan Moralitas Bagi Generasi Muda Yang Berpedoman Pada Nilai-Nilai Pancasila Serta Kearifan Lokal.

Suwardani, N. P. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat (I. W. Wahyudi (ed.); 1st ed.). UNHI Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i2.19428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia