Peran Kader Bina Keluarga Remaja Dalam Upaya Pembinaan Pola Asuh Terhadap Remaja di Dusun Kepundung, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo

Dina Nur Anggraeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran kader bina keluarga remaja dalam upaya pembinaan pola asuh terhadap remaja dalam keluarga di Dusun Kepundung, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kader bina keluarga remaja dalam menjalankan perannya di Kelompok Bina Keluarga Remaja di Dusun Kepundung, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif jenis studi kasus. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kader Bina Keluarga Remaja dalam upaya pembinaan pola asuh: (a) sebagai pembina/penyuluh, yakni memberikan pembinaan/penyuluhan kepada orangtua dan remaja mengenai pola asuh dan berbagai hal berkaitan dengan remaja; (b) sebagai motivator, memberikan motivasi/penguatan kepada orangtua dalam mengasuh remaja; (c) sebagai fasilitator, yakni memberikan sarana dan prasarana penunjang kegiatan BKR; (d) sebagai katalisator, yakni memberikan penyadaran masyarakat supaya berpikiran terbuka, mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru mengenai remaja dan pengasuhannya melalui program kegiatan; (e) sebagai perencanaan dan pendataan, yakni merencanakan program kegiatan untuk satu tahun periode berdasarkan panduan dari BKKBN dan mendata anak usia remaja dari data pedukuhan. Faktor pendukung dan penghambat peran kader Bina Keluarga Remaja dalam upaya pembinaan pola asuh: (a) faktor pendukung peran: partisipasi masyarakat/anggota,kader,dan mitra BKR yang aktif; pendanaan dari kas sampah yang dibawa setiap pertemuan dan dana pemerintah yang dapat mencukupi semua kegiatan; kerjasama dengan lembaga lain dalam pelaksanaan program kegiatan BKR; sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan. (b) faktor penghambat peran: kesibukan dari kader dan anggota di kegiatan lain; jumlah kader terlatih sedikit.

Keywords


Peran Kader, Bina Keluarga Remaja, Pola Asuh Remaja

Full Text:

PDF

References


Aryani, Novi dan Yusuf, Amin. 2014. Peranan Kader Kesehatan dalam Pembinaan Wanita Pekerja Seks (WPS) di Lokalisasi Sunan Kuning [Versi Elektronik]. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment.3,39.

BKKBN. (2012). Pedoman Pengelolaan Bina Keluarga Remaja (BKR).

BPS. (2015). Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta:Hasil Survei Penduduk antar Sensus 2015. Diakses dari http://yogyakarta.bps.go.id pada 22 Februari 2018.

Dipo, Wiwik TS dkk. 2008. Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak Remaja.Dina Dukcapilkabernas Kabupaten Kulon Progo:Kulon Progo.

Gunarsa, S.D. (2008).Psikologi Praktis: Anak, Remaja, & Keluarga. Gunung Mulia: Jakarta.

Haryanti, H., & Sumarno, S. (2014). Pemahaman Kompetensi Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Anak (Studi Kasus Pada Kelompok Bermain Di Pakem, Sleman). JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(1), 32 - 49. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2354.

Izzaty, Rita E dkk. 2013. Perkembangan Peserta Didik. UNYpress: Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia [versi online]. http://kbbi.web.id

Moloeng, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Murtiningsih, S dkk. 2006. Pedoman Materi KIE; Keluarga Berencana. Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN: Jakarta.

Papalia, D.E & Feldman. R.D. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12 Buku 2. Salemba Humanika: Jakarta.

Rakhmawati, Isnawati. (2005). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam vol 6 nomor 1.

Soekanto, S & Sulistyowati, B. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Revisi. Rajawali Press: Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i2.19196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia