Persepsi Anak Terhadap Pengasuhan Ibu dengan Peran Ganda pada Wanita Pekerja (Buruh) di Kampung Begajah

Aisyah Lartriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi anak terhadap pengasuhan pada peran ganda wanita pekerja (buruh) di Kampung Begajah, Sukoharjo, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu wanita pekerja (buruh) dan anak-anak dari wanita pekerja (buruh) di Kampung Begajah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi anak terhadap pengasuhan pada peran ganda wanita pekerja (buruh) di Kampung Begajah, Sukoharjo, Jawa Tengah menyatakan baik, ditunjukkan dengan peran ganda wanita pekerja (buruh) tidak berpengaruh negatif pada keluarga. Persepsi anak terhadap peran ganda wanita pekerja (buruh) dalam memenuhi kebutuhan anak sangat baik, ibu mampu menyejahterakan anak dan keluarga dengan memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersiernya menggunakan penghasilannya. Faktor pendukung keberhasilan dalam pola asuh ibu adalah pemenuhan kebutuhan anak dan penerapan disiplin sejak dini pada anak. Tidak ada faktor yang penghambat ibu dalam mengasuh anak. Dampak positif dari peran ganda wanita pekerja (buruh) ekonomi keluarga meningkat, dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga. dampak negatif dari peran ganda wanita pekerja yaitu tubuh menjadi mudah lelah dan pegal. Peran ganda ibu tidak berdampak pada pengasuhan anak, ibu dapat membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan bekerja.

Keywords


Persepsi Anak, Peran Ganda Wanita Pekerja (Buruh)

Full Text:

PDF

References


Departemen Pemberdayaan Perempuan. (2010). Pedoman Umum Penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak R.I. Jakarta: Direktor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Muiadi Wijaya. (2011). Kebutuhan Dasar Anak untuk Tumbuh Kembang yang Optimal. Diakses pada tanggal 17 Desember 2018 dari http://Kesmas- kemkes.go.id.

Ninin Ramadani (2016). Implikasi Peran Ganda Perempuan dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat. Jurnal sosietas. 6(2)

Puspitasari, Eka (2016). Peran Ganda Perempuan pada Ibu Bekerja di Desa Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Elektronika Mahasiswa PLS, 5(7), 212.

Rinantri, Viranda. & Alimatus Sahrah (2014).Persepsi Pengembangan Karir Ditinjau dari Konflik peran Ganda dan Dukungan Sosial pada Karyawan Wanita di PT. Gula Putih Mataram Lampung Tengah. Jurnal Penelitian Humaniora 19(2).

Sugiyono. (2015). Metodo Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Thoha Miftah. (2014). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya.

Jakarta: PT Rajawali Pers.

Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i1.19165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia