Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Lele Pada Pokdakan Fisha Jaya di Dusun Selang IV, Desa Selang, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

Dandy Wahyu Fathmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele pada POKDAKAN Fisha Jaya. (2) Mendeskripsikan hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele pada POKDAKAN Fisha Jaya. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele pada POKDAKAN Fisha Jaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskripstif. Penelitian ini dilakukan di Desa Selang dengan subyek penelitian Ketua, Penasehat, Sekretaris, Bendahara, anggota Kelompok Budidaya Ikan Fisha Jaya dan masyarakat Desa Selang. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu pedoman wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele pada POKDAKAN Fisha Jaya melalui tiga tahapan yaitu tahap penyadaran dengan melaksanakan sosialisasi mengenai kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tujuan sosialisasi untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat mengenai keadaaan mereka dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan. Tahap pengkapasitasan melalui peningkatan sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan atas kemitraan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul sebagai narasumber pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang direncanakan oleh kelompok sesuai kebutuhan serta pengkapasitasan pendanaan yang di peroleh kelompok dari swadaya kelompok dan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul. Tahap pendayaan, kelompok memberikan daya dengan meningkatkan kesadaran kelompok sasaran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mencapai kemandirian serta memberikan peluang atas kerjasama kelompok untuk menciptakan peluang usaha. (2) Hasil pemberdayaan masyarakat melalaui budidaya ikan lele pada POKDAKAN Fisha Jaya berdampak positif bagi masyarakat dari segi ekonomi, segi pendidikan dan segi sosial. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran pengurus, semangat gotong royong dan kerja keras kelompok. (3) Faktor pendukung yaitu sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, sumber daya manusia mempunyai pengetahuan dan ketrampilan, kerja keras kelompok, sarana prasarana yang memadai dan bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan. Sedangkan faktor penghambat yaitu anggota dan pengurus yang mempunyai pekerjaan utama, pendapat yang berbeda dalam kelompok, harga pakan yang tidak di imbangi dengan harga penjualan dan hama penyakit yang mengganggu perkembangan ikan lele.

Keywords


Pemberdayaan, Pemberdayaan Masyarakat, POKDAKAN Fisha Jaya

Full Text:

PDF

References


Anwar, 2007. Manajemen Pemberdayaan Perempuan (Perubahan Sosial Melalui Pembelajaran Vocational Skills Pada Keluarga Nelayan. Bandung: Alfabeta.

Azam, Awang. 2010. Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bhinadi, Ardito, 2017. Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.

Cahyo Saparinto. 2012. Panduan Lengkap Bisnis dan Budidaya Lele Unggul. Yogyakarta: Lily Publisher.

Hiryanto. 2008. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonfrormal. Yogyakarta.

Isbandi Rukminto Adi, 2008. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id (di akses 1 Agustus 2021)

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, Ambar teguh. 2004. Kemitraan dan Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Suyatno, Aditya dan Utami, Dewi. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Minapadi Di Kecamatan Sayegan. Jurnal Adinegara, 1-14. Di akses pada tanggal 25 Juni 2021, dari Jurnal Student Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i3.19092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia