Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera, Dusun Kroco, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo

Risa Widyasari, Entoh Tohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah, 2) hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah, dan 3) faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 3 hal yaitu: 1) Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di bank sampah, 2) Hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah, 3) Faktor pendukung dan penghambat pengelola bank sampah.

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Bank Sampah

Full Text:

PDF

References


Annisa, M., Abrori, F., & Listiani. (2018). Pemberdayaan Mahasiswa dalam Penerapan Prinsip Pengelolaan Sampah Menggunakan Pola 4R. Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 8, No.2, Hal. 75-81.

Engka, Isaura Gabriela, Charles R.N, Caroline B. D. Pakasi. (2015). Partisipasin Masyarakat dalam Kegiatan Pembangunan Jalan Pertanian di Aertrang Kelurahan Malalayang 1 Timur Manado. Vol 11, No. 3, Hal. 15-24. ASE. Diambil dari https://media.neliti.com/media/public ations/3500-ID-partisipasi-masyarakat-dalam-kegiatan-pembangunan-jalan-pertanian-di-aertrang-ke.pdf

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2020). Diakses pada tanggal 11 November 2021 https://indonesia.go.id/kategori/indon esia-dalam-angka/2533/membenahi- tata-kelola-sampah-nasional.

Lewin, Kurt. (1951). Resolving Social Conflicts and Field Theory in Social Science. New York: Harper and Brother.

Malik, Imam. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Teras

Moleong, Lexy.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pengelolaan Reduce, Reuce dan Recycle melalui Bank Sampah.

Sudjana, Dujuju. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: PT Refika Aditama.

Sujarwo, S., Tristanti, T., & Santi, F. (2017). Pengembangan Model Pemberdayaan Perempuan Desa Wisata melalui Pendidikan Berbasis Komunitas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 10, No. 1, Hal. 75-85.

Sulistyani, A. Teguh. (2004). Kemitraan dan Model – Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Suryono, Y. & Tohani, E. (2016). Inovasi Pendidikan Nonformal. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Susanto, Harun. (2021). Permasalahan Sampah di Kulon Progo Semakin Kompleks. Diunduh dari https://rri.co.id/yogyakarta/565- sosial/1232983/permasalahan-sampah-di-kulon-progo-semakin-kompleks.

Suwerda, Bambang. (2012). Bank Sampah (Kajian Teori dan Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Wardhani, Rr. Ambar Sih. (2008). Studi tentang Kesadaran Pekerja Terhadap Pelaporan Kecelakaan Kerja di PT Astra Nissan Diesel Indonesia Periode Juni – Juli Tahun 2008. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Indonesia, Depok




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i1.19058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia