Implementasi Prinsip - Prinsip Andragogi Dalam Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Karya Manunggal Yogyakarta

Annis Tsalatsa Meliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) implementasi prinsip- prinsip andragogi dalam proses pembelajaran program kesetaraan paket C di PKBM Karya Manunggal, (2) faktor pendukung dan penghambat, (3) manfaat bagi warga belajar program kesetaraan paket C di PKBM Karya Manunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) implementasi prinsip-prinsip andragogi pada proses pembelajaran program kesetaraan paket C di PKBM Karya Manunggal dilaksanakan melalui tahapan proses pembelajaran andragogi dari Malcolm S. Knowles, dkk, yang berupa: (a) membangun iklim belajar kondusif dengan memperhatikan aspek lingkungan belajar, lingkungan masyarakat, dan awal pembelajaran, (b) menciptakan mekanisme perencaraan bersama dengan menentukan waktu pembelajaran, (c) menetapkan kebutuhan belajar melalui analisis kebutuhan, (d) merumuskan tujuan, (e) merancang pola pengalaman belajar dengan menyusun RPP, (f) melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan sumber belajar, metode, dan media; (2) faktor pendukung yaitu semangat tutor, tanggung jawab warga belajar, sarana prasarana, dan dukungan masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan warga belajar yang bersamaan dengan kegitan pembelajaran; (3) manfaat bagi warga belajar yaitu memberikan tambahan ilmu, wawasan, dan membangun kenyaman warga belajar dengan kegiatan pembelajaran.

Keywords


Implementasi, Prinsip Andragogi, Kesetaraan Paket C, PKBM

Full Text:

PDF

References


Adman, M. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motibasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 221.

Arif, Z. (1990). Andragogi. Bandung: Angkasa.

Danim, S. (2015). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Hiryanto. (2009). Optimalisasi Penerapan Konsep Andragogi Dalam Pendidikan Dan Latihan Aparatur Pemerintah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 161 - 174.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan Vol XXII No 01, 65 - 71.

Indrawan, I., & Wijoyo, H. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Karwati, L. (2016). Prinsip Andragogi Pada Performasi Tutor Program Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 1, No. 1, 16 - 26.

Knowles, M. S., III, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The Adult Learner: The Devinitive Classic In Adult Education Human Resource Development. New York: Routledge.

Latifah, S. L. (2018). Penerapan Pendekatan Andragogi Pada Pembelajaran Private Class Untuk Membentuk Keterampilan Berbicara di LKP Professional Broadcasting School Surabaya. JurPlus Unesa, 1-8.

Putri, A. D. (2018). Studi Kasus Penerapan Prinsip-Prinsip Andragogi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di PKBM 23, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Skripsi.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. (2007). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1-10.

Sujarwo. (2013). Pembelajaran Orang Dewasa (Metode dan Teknik). Yogyakarta: Venus Gold Press.

Sukmawati. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Dalam Proses Pembelajaran Trigonometri. Jurnal Pedagogy, 142-150.

Waspodo, M. (2009). Peran Tutor Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Andragogi. Jurnal Ilmiah VISI PTK- PNF - Vol. 4, No. 1, 63 - 70.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i1.19057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia