PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N BALANGAN 1
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA melalui metode mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri Balangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, skala minat, dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan minat dan hasil belajar IPA dengan metode mind mapping dilaksanakan dengan cara: penyampaian materi dan diskusi klasikal, penugasan, menentukan
kata kunci, melakukan brainstorming, menentukan semua aspek dari materi, pembuatan mind map yang didampingi guru, dan refleksi pembelajaran yang melibatkan siswa. Jumlah siswa yang mendapat skor minat dengan kategori baik pada pra siklus adalah 10%, siklus I 55%, dan siklus II 87%. Selanjutnya, nilai rata-rata siswa meningkat dari 60 pada pra siklus, 68 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II. Sedangkan siswa yang memperoleh hasil belajar memenuhi KKM pada pra siklus adalah 13%, siklus I 48%, dan siklus II 84%.
Kata kunci: minat belajar, hasil belajar IPA, mind mapping
Abstract
This research aimed to improve student’s learning interest and outcomes in science subject through mind mapping method for 5th grader student in SDN Balangan. It was an action research based on Kemmis and Taggart model. The collecting data technique was done by using observation, interest scale, and test. Relating to this study, the data analysis technique executed in descriptive qualitative and quantitative. This method could increase student’s interest by doing: materials delivering and classical discussion, assignment, choosing key word, brainstorming, choosing all aspects from materials, creating mind map with teacher guidance, and learning reflection with students. In pre-cycle, the amount of students who had good score was 10%, cycle I 55%, and cycle II 87%. Then, students learning outcomes was increasing from 60 in pre-cycle, 68 in cycle I became 75 in cycle II. Meanwhile, the students who fulfilled the standard of KKM in pre-cycle was 13%, cycle I 48&, and cycle II 84%.
Keywords: learning interest, science learning outcomes, mind mapping.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.