UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Kurniawan Sabere

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media gambar. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Tggart.Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Kraton Yogyakarta yang berjumlah 24 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengamatan (observasi) dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hal ini dijelaskan bahwa dengan adanya media gambar dapat meningkatkan motivasi siswa dilihat dari pelaksanaan tindakan pada pembelajaran dari observasi awal didapat tingkat motivasi siswa pada siklus I rata-rata adalah 66,04 ketuntasan 8 siswa atau 33,33% , dan belum tuntas ada 16 siswa atau 66,66%. mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 84,37, ketuntasan ada 21 siswa atau 87,5% dan yang belum tuntas ada 3 siswa atau 12,5% dengan demikian ada peningkatan motivasi belajar siswa meningkat. Motivasi belajar siswa pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥ 75% sudah mencapai KKM.

Kata kunci: motivasi belajar, media gambar.

Abstract

This study aimed to develop students’ learning motivation using picture media. This was a classroom action research (CAR) study employing the model by Kemmis & McTaggart. The research subjects were Grade IV students of SDN Kraton Yogyakarta with a total of 24 students. The data analysis techniques were quantitative and qualitative descriptive techniques.The results showed that picture media were capable of improving students’ learning motivation. From the implementation of the action in learning and from the preliminary observations, in Cycle I the average level of students’ motivation was 66.04, 8 students or 33.33% attained the mastery, and 16 students or 66.66% did not attain the mastery. In Cycle II, it improved to 84.37, 21 students or 87.5% attained the mastery, and 3 students or 12.5% did not attain the mastery. Therefore, there was an improvement in students’ learning motivation. Students’ learning motivation in Cycle II satisfied the success indicator because ≥75% attained the Minimum Mastery Criterion (MMC).

Keywords:learning motivation, picture media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.