PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri Nglempong Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil nilai mata pelajaran IPA pada pra siklus ialah dari 24 siswa sebanyak 10 siswa masih memiliki nilai ≤65, 9 siswa mendapat nilai 65-75 dan baru 5 siswa yang mendapat nilai >75. Setelah siklus 1 hasil nilai mata pelajaran IPA meningkat menjadi 23 siswa yang memiliki nilai ≥65 dan hanya satu siswa saja yang memiliki nilai ≤65. Dari 23 siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimal, 13 diantaranya sudah memiliki nilai >75.
Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar
Abstract
The purpose of this research is to increase the result of science through the application of problem based learning method for student in the 4th grade in SD N Nglempong Sleman. The kind of the research used classroom action research. The subject of this research were student in the 4th grade. Data collection techniques used test, observation and documentation. Data analysis technique used descriptive analysis. The result of science lesson analysis in pre cycle is 10 students from 24 students still have ≤ 65 , 9 students get 65-75 and only 5 students get more than 75. After the first cycle, the result of science lessons increase up to 23 students who get more than ≥ 65 and only 1 student get ≤65. From 23 students whose fulfill the minimum criteria, 13 of them have get > 75.
Keyword: problem based learning , learning result
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.