LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KELAS IV SD N BALANGAN II

Dwi Sumiyati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Balangan II yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses IPA dan hasil belajar IPA. Persentase   keterampilan proses pada Prasiklus sebesar 35,93% dengan kriteria sangat kurang, meningkat  pada Siklus 1 sebesar 59,58%  dengan kriteria kurang.  Pada pelaksanaan Siklus  2  persentase  keterampilan  proses meningkat sebesar  89,84%  dengan kriteria baik.  Hasil  belajar  IPA dibuktikan dengan perbandingan  persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus sebesar 40%, meningkat  pada Siklus 1 sebesar 60% .  Pada pelaksanaan Siklus 2 persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 80%  .

Kata kunci: keterampilan proses IPA, Hasil belajar IPA, siswa SD

Abstract

This research aims to improve science process skills and learning outcomes using environment as a learning resource. The subjects were all students in fourth grade of SD N Balangan II totaling 16 students. The data collection’s methods using observation, test, and interview. Data were analyzed using qualitative and quantitative descriptive.  The percentage of science process skills at Pre cycle of 35.93% with very less criteria, increase in the first cycle to 59.58% with less criteria. The implementation of the second cycle the percentage of science process skills increase to 89.84% with good criteria. While the science learning outcomes evidenced by comparison of the percentage of completeness of students at pre cycle, first cycle  and second cycle. The percentage of students at Pre cycle completeness 40%, increase in the first cycle to 60%. The implementation of the second cycle the percentage of completeness of students increased to 80%.

Keywords: science process skills, science learning outcomes, elementary students

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.