KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU KELAS PADA PEMBELAJARAN IPA DAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI

Rahmat Simon

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keterampilan komunikasi guru kepada siswa pada pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia kelas tinggi SD Negeri  se- gugus II di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta semester 1 tahun ajaran 2015/2016 beserta hambatan yang dialami oleh guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Subjek penelitian berjumlah 12 orang guru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, catatan anekdot, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi guru pada pembelajaran IPA sangat tinggi (,583%). Keterampilan komunikasi guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia sangat tinggi (% ). Hambatan komunikasi yang dialami guru baik dalam pembelajaran IPA maupun Bahasa Indonesia adalah guru merasa terganggu saat terdapat siswa yang berbicara dengan teman saat guru menjelaskan materi pelajaran dan memotong pembicaraan.

Kata Kunci: keterampilan komunikasi, hambatan komunikasi ,guru SD

 

Abstract

This study aims to describe the communication skills of teachers to students in learning Science  and Indonesian Language in high cluster class of all State Elementary School in Gugus II in Distric Temon, Kulon Progo Regency, Yogyakarta On first semester of 2015/2016 academic year along with handycaps experienced by teachers. This research was a survey. Data collection techniques used observations, unstructured interview, anecdotal record and documentation. The data analysis techniques used qualitative descriptive. Results of research show that Science communication skill of teachers is very high (,583%). Indonesian Language communication skill learning of teachers is very high (%). Teachers’handycaps experienced in Science and Indonesian Language lessons are teachers feel impaired when students are talking to friends when teacher explains subject matter and when student were interrupting teacher explain matter.

Keywords: communication skills, communication handycaps, elementary school teacher

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.