PENGARUH QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS 2 HASANUDIN

Anik Wijayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan penerapan quantum teaching terhadap hasil belajar IPA materi sifat benda padat, cair, dan gas pada siswa kelas III SD se-gugus 2 Hasanudin. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan teknik sampling purposive dan cluster random sampling didapatkan siswa SDN 2 Slarang sebagai kelompok eksperimen dan siswa SDN 4 Slarang sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penerapan quantum teaching terhadap hasil belajar IPA materi sifat benda padat, cair, dan gas pada siswa kelas III SD se-gugus 2 Hasanudin. Selain itu juga terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaaran menggunakan quantum teaching dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran yang biasa dilakukan guru. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata kunci: quantum teaching, hasil belajar IPA.

Abstract

The aim of this research is to determine the positive and significant influence of quantum teaching application on science achievement properties of solids, liquids, and gases material for 3th grade students of elementary school in Hasanudin region 2. This research was a quasi experimental. Based on the purposive sampling technique and cluster random sampling obtained students of SDN 2 Slarang as the experimental group and students of SDN 4 Slarang as the control group. The data collection techniques in this research used of learning and observation sheets. The data analyzing technique used the   t-test. The result shows that there is positive and significant influence of quantum teaching application  on science achievement properties of solids, liquids, and gases material for 3th grade students of elementary school in Hasanudin region 2. There are also some differences achievement between the group of students who take lesson quantum teaching and group of students who take lesson the conventional teaching. This is an evidence from the result of t-test at a significant level of 0,000<0,05.

Keywords: quantum teaching, science achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.