PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS V SDN SABDODADI KEYONGAN BANTUL

Kasilah Prihatin

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa di SDN Sabdodadi Keyongan Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Terdapat 9 tahap dalam penelitian ini, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi, 8) uji coba lapangan utama, dan 9) revisi produk akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SDN Sabdodadi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap validasi oleh ahli materi memperoleh penilaian sebesar 4,33 dengan kategori sangat baik dan ahli media sebesar 4,24 dengan kategori sangat baik. Hasil yang diperoleh pada uji coba permulaan sebesar 4,37 dengan kategori sangat baik, uji coba lapangan utama sebesar 4,33 dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan operasional sebesar 4,51 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif aksara Jawa untuk siswa kelas V SD N Sabdodadi yang dihasilkan telah layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran membaca aksara Jawa.
Kata kunci: pengembangan multimedia interaktif, pembelajaran aksara Jawa kelas V SD
Abstract
This research is aimed to produces interactive multimedia products that is suitable used as media in reading aksara Jawa in SDN Sabdodadi Keyongan Bantul. This research is categorized as Research and Development (R&D) that referenced at Borg and Gall model. There were nine steps taken in this research. They were: 1) research and information collection, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operasional product revision, 8) operational field testing, and 9) final product revision. The subjects of the research were 29 participants of grade V in SDN Sabdodadi. The data of this study were analyzed by descriptive quantitative. The quantitative data were obtained from the questionnaires. Results showed that the result of validation matery expert got average score 4,33 with a very good category. The result of validation media expert got average score 4,24 with a very good category. The result of preliminary field testing got average score 4,37 with a very good category. The result of main field testing got average score 4,33 with a very good category. The result of operational field tesiting got average score 4,51 with a very good category. The result means that the aksara Jawa interactive multimedia is suitable to use as the materials to teach aksara Jawa learning in SD.
Keywords: development interactive multimedia, aksara Jawa learning for fifth grade

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.