PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN BANYUBENING III KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Galan Goldya

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguatan positif terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak siswa kelas V SD N Banyubening III tahun ajaran 2016/2017. penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD N Banyubening III sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Sungapan sebagai kelas kontrol, kerdfuanya berjumlah 21siswa. Instumen yang digunakan meliputi pedoman observasi dan skala motivasi belajar bahasa Indonesia. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha, dengan koefisien Alpha sebesar 0,917. Pengujian hipotesis penelitian dengan membandingkan pretest dengan posttest dan diperkuat dengan analisis Gain score. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh penguatan positif terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak siswa kelas V SD N Banyubening III tahun ajaran 2016/2017. Rata – rata motivasi kelas eksperimen pada pretest adalah 71,81 dan pada posttest 98,19 terdapat selisih 26,38 sehingga diperoleh gain score sebesar 0,47 dan berada pada kategori sedang, yakni lebih besar 0,3 dan kurang dari 0,7 (0,7 < 0,47 ≥ 0,3). Hasil pretes pada kelas kontrol rata – rata diperoleh adalah 76.91 dan pada postest adalah 80,52. Terdapat selisih 3,6138 sehingga diperoleh gain score sebesar 0,07 berada pada katagori rendah.

Kata kunci: Penguatan, Motivasi belajar Bahasa Indosia, SD

Abstract

This reseach is aim at knowing the influence of positive reinforcement concerning Indonesia language study motivation in listening skill for students of class V SDN Banyubening III academic year 2016/2017. This research used quasi experimental design. The subject of this reseach was students of class V SDN Banyu Bening III as class experiment and class V SDN III Sungapan as control class. both consists of 21 students. The instruments used consists of observation ways and scale of Indonesian language students motivation. Instruments validity test used was construct validity, and realibility test by using Alpha formula ,with coeficient alpha 0.917. Research hyphothesis used was comparing pretest with postest and to be enforcemented by Gain score Analysis. This result shows that there is positive influence for Indonesian study motivation in listening skill for students class V SDN Banyubening III.The everage of motivation in experiment class in pretest is 71.81, while in post test is 98.19 there is deference 26.38, so there is gain score 0.47.While result of everage in controll class for pretest is 76.91 and postest is 80.52.There is deference 3.6138, so the gain score is 0.007.

Keyword: reinforcement, Indonesian language study motivation, Elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.