KEEFEKTIFAN PENAMBAHAN JAM PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKREJA 10 CILACAP SELATAN

Adrianus Fajar Dwi Prayogo,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penambahan jam pelajaran matematika terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 10 Cilacap Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 10 dan SD Negeri Tambakreja 05 yang berjumlah 69 siswa. Adapun jumlah siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 10 adalah 38 siswa, sedangkan jumlah siswa SD Negeri Tambakreja 05 adalah 31 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah penambahan jam pelajaran matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 10 secara berarti setelah diadakan penambahan jam pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata tes matematika yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 10 yang lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata tes matematika yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 05. Adapun nilai rata-rata tes matematika yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 10 adalah 84,31 sedangkan nilai rata-rata tes matematika yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri Tambakreja 05 adalah 74,58 pada rentang nilai 0 – 100.
Kata kunci : keefektifan, penambahan jam pelajaran matematika, prestasi belajar
Abstract
The purpose of this research is to measure the effectiveness of Math’s study hour extention towards the grade improvement of the 5th grade students of SD Negeri Tambakreja 10 Cilacap Selatan. The populations of the research are all 5th grade students of SD Negeri Tambakreja 10 and students of SD Negeri Tambakreja 05, total 69 students. The researcher chooses 38 5th grade students from SD Negeri Tambakreja 10 and 31 5th grade students from SD Negeri Tambakreja 05 to be the research samples. The main variables of this research are the extension of Math’s study hour and 5th grade student’s math grade. This research uses qualitative approach. The data samples are collected through a test. The result of this research shows that there is a significant improvement in the math grade of the 5th grade students SD Negeri Tambakreja 10 after study hour extension. It can be seen from the average score as the result of the math test. The 5th grade students of SD Negeri Tambakreja 10 get higher score than the 5th grade students of SD Negeri Tambakreja 05. The average score of the 5th grade students from SD Negeri Tambakreja 10 is 84.31, and the 5th grade students from SD Negeri Tambakreja 05 is 74.58 from total score 100.
Keywords: effectiveness, study hour extension, math, lerning achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.