PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS V SD

Arif Kusuma

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas V  SD Negeri 2 Gaden Klaten. Jenis metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan alur putaran spiral Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 2 Gaden Klaten yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang  digunakan  adalah lembar observasi, soal tes. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator  keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 75% siswa telah mencapai KKM yaitu 71 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa dengan proses belajar mengajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tiap siklusnya. Pada pra siklus, siswa yang tuntas 35,71% dengan nilai rata-rata kelas 68,60 sehingga perlu diadakan tindakan siklus I. Pada siklus I siswa yang tuntas mengalami peningkatan sebesar 53,57% dengan nilai rata-rata kelas 73,64. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 75% dengan rata-rata kelas 78,64.

Kata kunci: hasil belajar IPS, pembelajaran berbasis portofolio, SD

Abstract

This study aims at improving the Social  Studies  learning achievement using the portfolio-based learning model for Grade V students of SD Negeri 2 Gaden, Klaten. This was an action research study using the spiral cyclical model by Kemmis and McTaggart. The research subjects were 28 students of Grade V of SD Negeri 2 Gaden, Klaten. The study was conducted in two cycles. The instruments were observation sheets and tests. The instrument validation was done through expert judgment. The data were analyzed using  qualitative  and quantitative descriptive techniques. The indicator for the success of the study was that 75% of the students attained the Minimum Mastery Criterion (MMC), namely 71, and the class mean score improved in each cycle. The results of the study show that the  teaching and learning process  using the portfolio-based learning model is capable of improving the Social Studies learning achievement. This is indicated by the results of the study showing  a  learning  achievement  in  each cycle. In the pre-cycle, the students attaining the mastery are 35.71% with a class mean score of 68.60 so that it is necessary to carry out an action in Cycle I. In Cycle I, the students attaining the mastery improve to 53.57% with a class mean score of 73.64. In Cycle II, the students attaining the mastery improve to 75% with a class mean score of 78.64.

Keywords: Social Studies learning achievement, portfolio-based learning, ES


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.