HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II PIYUNGAN

Anisah Kauniyah Hidayati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD se-Gugus II Piyungan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang berbentuk korelasi. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dengan rumus Slovin sebanyak 126 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket kebiasaan belajar dan dokumentasi hasil belajar. Uji validitas analisis butir dan uji hipotesis dengan rumus korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis adalah uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa tergolong sedang dan hasil belajar tergolong sedang. Pengujian hipotesis diperoleh hasil rhit 0,292 dan Sig. 0,001<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Dengan demikian semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajarnya.

Kata kunci: kebisaan belajar, hasil belajar

Abstract

This research aims at determining the correlation between study habits and learning outcomes of fourth grade student in 2nd group piyungan district. This researchmethod used ex-post facto with quantitative approaches in the form of correlation. The data collection techniques used questionnaires and documentation. Sampling technique with Slovin formula were 126 students. Collecting data used a study habits questionnaire and learning outcomes documentation. Validity test item and test hypothese analysis used Product Moment Correlation formula. Reliability Instrument with Cronbach Alpha. Analysis prerequisite test used normality and linearity. The results show that the study habits of students classified as moderate and learning outcomes classified as moderate. The hypothesis test results obtained rhit 0,292 and sig. 0,001<0,05. It shows that there is a positive and significant relationship between study habits and learning outcomes. Thus the higher students' study habits, the higher learning results.

Keywords: study habits, learning outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.