PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PECAHAN KELAS IV SD DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Nitya Nur Wilujeng

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran matematika pecahan dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar penilaian kelayakan RPP, LKS, dan angket siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian RPP memperoleh skor 4,5 dengan kategori sangat baik menurut ahli materi, skor 4,88 dengan kategori sangat baik menurut ahli strategi pembelajaran, dan skor 4,77 dengan kategori sangat baik menurut hasil penilaian uji coba oleh wali kelas. Hasil penilaian LKS memperoleh skor 4,53 dengan kategori sangat baik menurut ahli materi, skor 4,38 dengan kategori sangat baik menurut ahli strategi pembelajaran, skor 4,42 dengan kategori sangat baik menurut ahli media, dan skor 4,48 dengan kategori sangat baik menurut hasil penilaian uji coba oleh wali kelas. Respon siswa
menunjukkan kategori cukup saat uji kelompok kecil (82,14%) dan kategori baik saat uji coba lapangan (95,23%).

Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan PMR


Abstract

This research aims to produce and to know the properly of fractional learning kits with Realistic Mathematics Education (RME) approach. This was Research and Development with 4-D model. The collecting data instruments was using lesson plan and worksheet, and students’ questionnaire. The data were analyzed by qualitative descriptive. The result of lesson plan validity is 4,5 as an excellent category by content expert, 4,88 as an excellent category by learning strategy expert, and 4,77 as an excellent category by teacher when testing in small group. The result of worksheet validity is 4,53 as an excellent category by content expert, 4,38 as an excellent category by learning strategy expert, 4,42 as an excellent category by media expert, and 4,48 as an excellent category according to teacher when testing small group. The students’ respond shows enough category in small group testing (82,14%) and good category in field testing (95,23%).

Keywords: development, learning kits, RME approach


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.