PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD

Burhan Aminudin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh otoritatif dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pundong Bantul. Metode penelitian dengan menggunakan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 siswa. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik cluster random sampling yaitu 87 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan skala. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis diolah dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan Interpersonal siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan nilai R variable pola asuh otoritatif (X1) dan kecerdasan interpersonal (Y) sebesar 0,379 dan R² sebesar 0,144. Nilai p sebesar 0,000, berarti nilai p ≤ 0,05 maka dinyatakan signifikan. Sumbangan efektif pola asuh otoritatif
terhadap kecerdasan interpersonal dapat dilihat dari nilai R square yaitu 0,144, dengan persamaan regresi Y= 63,467+0,345X Dengan demikian besarnya sumbangan efektif pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan interpersonal adalah 0,144x100% = 14,4%, sedangkan 85,6% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Kata kunci: pola asuh otoritatif dan kecerdasan interpersonal


Abstract

This research aims to know the positive and significance influence of authoritative parenting style with interpersonal intelligence of fifth grade students in Pundong subdistrict’s elementary school. The research method used ex-post facto with quantitative approachment. The research’s population were 252 students. The sample was taken based on the cluster random sampling technique was 87 students. The data was collected used scale. The instrumen’s validity and realibility test, normality test, and hypothesis test were processed by SPSS 17.0 for Windows. The result shows that there is positive and significance influence of authoritative parenting style to the interpersonal intelligence of fifth grade students. This shown by the authoritative parenting style variable’s (X1) R score and interpersonal intelligence (Y) is 0,379 and R² is 0,144. The p score is 0,000 can be state significant. The effectiveness influence of authoritative parenting style to the interpersonal intelligence can be seen from R square is 0,144, with regression equation Y= 63,467+0,345X. The effectiveness influence of authoritative parenting style to the interpersonal intelligence is 0,144x100% = 14,4%, therefore 85,6% determined by the variable or another factors that is not be explain in this research.

Keywords: Authoritative parenting style and interpersonal intelligence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.