PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT

Atika Wulansari

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi geometri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pomah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar matematika. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dapat
meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 75%, sedangkan siswa yang belum tuntas 25%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 100% dan siswa yang belum tuntas 0%. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 74,2% pada siklus II meningkat menjadi 80,8%.

Kata kunci: hasil belajar, geometri, model pembelajaran kooperartif Team Game Tournament.


Abstract

This research aims at improving mathematics learning outcomes at geometrics subjects in the fourth grade students of SD Negeri 1 Pomah. The subjects of this study are 24 fourth grade students and the objective of this study is mathematics learning outcomes. The research design Kemmis and Mc. Taggart model. Data collection technique used were test and observation. Data was analyzed by descriptive qualitative and quantitative. The results shows that the implementation of cooperative learning Team Game Tournament model can improve the process and learning outcomes of fourth grade students during learning mathematics. At first cycle, learning outcomes completeness of students’ percentage is 75 % and the second cycle learning outcomes completeness percentage increased to 100 %. Similarly, the results of student activity observation are increase too; the first cycle is 74.2 % and the second cycle increase to 80.8 %.

Keywords: learning outcomes, geometrics subjects, cooperative learning Team Game Tournament model.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.