HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN MENGADAKAN VARIASI DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD

Indri Lestari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi dengan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di kelas V SD Se Gugus Sultan Agung Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Sampel penelitian ini berjumlah 109 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan keterampilan mengelola kelas dengan minat belajar memiliki r sebesar 0,457 dan P<0,05, hubungan keterampilan mengadakan variasi dengan minat belajar sebesar 0,405 dan P<0,05,  hubunganyang keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi dengan minat belajar sebesar R=0,464 dan P<0,05. Hal ini berarti bahwa ketiganya memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Dengan demikian, guru sebaiknya memperhatikan keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi agar minat belajar siswa dapat meningkat.

Kata kunci: mengelola kelas, mengadakan variasi, minat belajar

Abstract

This research aims to know about correlation of classroom management skills and realizing variation to interest in learning of 5th grade students of elemantary school. This study uses a quantitative approach carried out in 5th grade students of elemantary school in Cluster Sultan Agung subdistrict Ngluwar Magelang regency. The sample in this research were 109 students. The technique of collecting data using questionnaires. Test the validity of the instrument using expert judgment and test reliability
using Cronbach Alpha. Analysis using the formula product moment correlation and multiple correlation. The results showed that the correlation skills to manage classes with interest in learning has r of 0.457 and P <0.05, correlation of realizing variation skills with interest in learning at 0.405 and P <0.05, correlation of classroom management skills and realizing variation with the interest in learning of R = 0.464 and P <0.05. This means that all three have a positive and significant correlation. Thus, teachers should pay attention to classroom management skills and realizing variation to increase the interest in
learning of students.

Keywords : classroom management, realizing variation , interest in learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.