KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS 4 DAN 5 SD NEGERI PANDEYAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Gangsar Febri Utama,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola kelas 4 dan 5 SD Negeri Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas guru kelas 4 dan 5 SD Negeri Pandeyan  1) menciptakan iklim belajar yang tepat guru lebih cenderung pada penekanan hal positif. 2) pengaturan ruang belajar guru cenderung hanya merubah format tempat duduk saat ada pembentukan/kerja kelompok saja. 3) mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar cenderung terlihat saat guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran. 

Kata kunci:  mengelola kelas, kemampuan guru,iklim belajar.

Abstract

This research aimed to describe teacher’s capability on class management 4th and 5th grade SD Negeri Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. This was descriptive qualitative research. The subject were teachers in 4th and 5th grade. Data collecting techniques were observation, interview, and documentation. The instruments were observation and interview manual. Data analysis techniques were data reduction and conclusion. Data validity testing techniques were resources triangulation and techniques triangulation. The result showed that the management of teachers 4th and 5th grade SD Negeri Pandeyan 1) in creating learing climate teacher inclined positive things, 2) in classroom management teacher inclined rearrange position in teamwork learning, 3) managing teaching and learning inclined visible in opening and closing seasons.

Keyword: classroom management, teacher’s capability, learning climate.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.