IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA SISWA KELAS V DI SD KANISIUS BEJI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Esti Wahyuningsih,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas V SD Kanisius Beji, Gunungkidul pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi soal tes dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Diantaranya adalah pada beberapa materi yang terdapat pada indikator a) menyebutkan organ pencernaan manusia dan fungsinya sebanyak 4 siswa, b) menyebutkan organ peredaran darah manusia dan fungsinya sebanyak 5 siswa dan c) mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan sebanyak 11 siswa. Faktor penyebabnya terjadinya miskonsepsi tersebut adalah presepsi yang salah terhadap materi yang sedang dipelajari dan kurangnya minat belajar IPA.
Kata Kunci: Identifikasi Miskonsepsi IPA, SD K Beji
Abstract
This study aims to describe misconceptions experienced by Grade V students of SD Kanisius Beji, Playen, Gunungkidul, in the Science subject. This was a qualitative descriptive study. The data were collected through tests and interviews. The results of the study show several misconceptions experienced by the students. Some of them are those of some materials in the indicators of: a) mentioning the organs of the human digestive system and their functions (5 students), b) mentioning the organs of the human blood circulation and their functions (5 students), and c) collecting data on characteristics of an object such as the shape, color, flexibility, hardness, and smell before and after experiencing changes (11 students). The factors causing misconceptions are the wrong perceptions of the materials being learned and the lack of learning interest in Science.
Keywords: Identification, Science Misconceptions, SD K Beji

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.