PENGARUH PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV PENGASIH

Annisa Rahmi Azizah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se Gugus IV Pengasih. Sampel penelitian ini sejumlah 91 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sistem simple random sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari skala penguatan dan dokumentasi berupa nilai raport matematika semester I tahun ajaran 2015/ 2016. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penguatan dengan prestasi belajar matematika (F = 62,204 dengan p<0,05 dan T = 7,887 dengan p<0,05), sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, guru dapat memberikan penguatan pada siswa seperti memberi pujian, tepuk tangan, senyuman dan lain sebagainya untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Kata kunci: penguatan, prestasi belajar matematika.
Abstract
This research aims at knowing about the reinforcement effect toward student’s mathematic’s achievement. The method in this research used quantitative. Population of this research were fifth grade student from Pengasih elementary school cluster IV. This research used simple random sampling. The instruments contain of reinforcement scale and documentary of student’s report book in the first 2015/ 2016 academic years. Data were analysis by simple regretion analysis tecnique. Result of this research are show some positif effect and significant between reinforcement and mathematic’s achievement (F = 62,204 with p<0,05 and T = 7,887 with p<0,05), so hypothesis of this research is accepted. Based from research result, teacher can give reinforcement to their student such as giving credit, applouse, smile and others to keep and increase their mathematic’s achievement.
Keywords: reinforcement, mathematic’s achievement.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.