STUDI KASUS SISWA PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS 1 SD NEGERI NGEMPLAK NGANTI SLEMAN

Okvianti Erlin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku menyimpang siswa kelas 1 SD Negeri
Ngemplak Nganti Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa berperilaku menyimpang. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan mengunakan uji kredibilitas
dengan melakukan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles &
Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang disebabkan melihat contoh yang salah. Meski
berperilaku menyimpang, siswa tersebut dalam kesehariaannya menujukkan perilaku baik seperti tertib
menaati peraturan sekolah, berlaku sopan pada guru, patuh dengan perintah guru, menjalin interaksi sosial
yang baik dengan teman sekelas, memiliki sikap pemaaf dan memaafkan. Pihak sekolah terutama guru
berupaya mengatasi perilaku menyimpang siswa dengan memberi perhatian dan menasihati siswa agar
berbuat baik.
Kata kunci: perilaku menyimpang
Abstract
This study aims at describing attitude disorder of first grade student in SDN Ngemplak Nganti Sleman.This
reserach was case study with qualitative approach. The research subject was attitude disorder student. Data were
collected by interview, observation and documentation. The data analyzed using an interactive model by Miles and
Huberman (reduction, display and conclusion data). Analysis of data validation was done by credibility test and
triangulation.The results shows that the student attitude disorder influence factor caused by seeing the wrong
example. Altough the student has attitude disorder, she shows good behavior in her daily life, such as obey the
school rules, polite to the teacher, obey to the teacher commands, has good social interaction with her friend and
forgiving. The school, especially teacher attempt to overcome the student’s attitude disorder by giving the attention
and advising her in order to do good things.
Keyword: attitude disorder

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.