PENERAPAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA

Eko Nurcahyanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama pada siswa kelas IV SD N Sendowo III, Pengkol, Nglipar, Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 10 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara bahasa Jawa krama. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan mencari mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran wayang kartun dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa. Peningkatan keterampilan berbicara dari pratindakan sebesar 53,12 meningkat menjadi 55 pada siklus I. Hasil siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,12.
Kata kunci: wayang kartun, keterampilan berbicara bahasa Jawa krama
Abstract
This study aims at improving the Javanese speaking skills in grade IV SD N Sendowo III, Pengkol, Nglipar, Gunungkidul. This research was a classroom action research used Kemmis and Mc Taggart model. The subjects were 10 students. The object of research was the Javanese speaking skills. Technique of data collection used test, observation, interview, and documentation. Data were analyzed using descriptive quantitative technique to found the mean. The results shows that the application of a cartoon puppet media can improve Javanese speaking skills. The improvement of speaking skills of precycle amounted to 53.12 increase to 55 in cycle I. The results of the cycle II increased to 83.12.
Keywords: cartoon puppet, Javanese speaking skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.