MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN RETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III

Wajar Aziz Munandar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan retensi siswa pada Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui media mind mapp pada siswa kelas III SD Negeri 3 Kedawung, Pejagoan, Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif, yaitu guru kelas dengan peneliti. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Kedawung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, dan tes hasil belajar. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment dan uji validitas isi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media mind mapp dapat meningkatkan retensi siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SD Negeri 3 Kedawung. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan presentase ketuntasan siswa sebesar yang awalnya 33,33%, kemudian siklus II 71,42%. Kata kunci: Retensi, Media Mind Map

Abstract

This study aimed to improve students’ retention in Citizenship Education (Civics) by using Mind Map Media in 3rd grade of 3 Kedawung State Elementary School Pejagoan, Kebumen. The type of this research was Classroom Action Research . This study was conducted collaboratively by classroom teachers and researchers. This study used the model of Kemmis & Mc Taggart that consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were students of 3rd grade in 3 Kedawung State Elementary School. Data collection techniques in this study used observation, study of documentation, and achievement test. Validaty test of the instruments in this study were expert judgment and validity content. The data were analyzed by qualitative description and quantitative . The results of this study showed that use of Mind map media can improve retention of the students on the Civics subjects in 3rd grade of 3 Kedawung State Elementary School. This was evidenced by the increase in the percentage of students completeness in the amount of 33.33% at first, and then becomed 71.42% in the second cycle. Keywords: Retention, Mind Map Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.