PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU BESAR PADA SISWA KELAS IB SD NGOTO

Anis Sitatun Nikmah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media buku besar pada siswa kelas IB SD Ngoto tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Penggunaan media buku besar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas IB SD Ngoto. Terbukti pada pratindakan persentase KKM 36,67%, pada siklus I meningkat menjadi 60% dan menjadi 86,67% pada siklus II. Pada siklus I aspek lafal dan intonasi dalam membaca permulaan meningkat menjadi 14,60 dan 13,50. Pada siklus II aspek lafal dan intonasi meningkat mencapai 15,60 dan 15,21. Peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, kelancaran dan kejelasan suara pada siklus I yaitu 14,87, 14,46 dan 14,91. Peningkatan rata-rata skor pada aspek ketepatan, kelancaran, dan kejelasan suara yang mencapai 16,68, 15,77 dan 16,53. Begitu juga hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 54,16% dan meningkat menjadi 84,37% pada siklus II.
Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media buku besar


Abstract

This study aims to improve early reading skills through the big book media of IB Class in Ngoto elementary school, academic year 2015/2016. This was a classrom action research.The data collection used observation and test performance. The result shows that the use of the big book media can improve early reading skills of IB students in Ngoto elementary School. Proven in pre-action KKM percentage achieved 36.67%, in the cycle I increased to 60% and to 86.67% in the cycle II. In cycle I, aspects of pronunciation and intonation in early reading increased to 14.60 and 13.50. In cycle II, aspects of pronunciation and intonation increased to 15.60 and 15.21. An average increase in score aspect of accuracy, fluency and clarity of sound in the first cycle are 14.87, 14.46 and 14.91. The increase in the average score on the aspect of precision, smoothness, and clarity of sound reaches 16.68, 15.77 and 16.53. Therefore also the observation of students' activity in the cycle I increased from 54.16% to 84.37% in the cycle II.
Keywords: Early reading skills, the big book media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.