LAYANAN PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN OLEH GURU KELAS DI SD NEGERI BASIN

Alit Rofiah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bagi siswa tunagrahita ringan yang dilaksanakan oleh guru kelas V di SD Negeri Basin Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan layanan pembelajaran bagi siswa tunagrahita terdiri dari (1) materi yang diberikan kepada siswa tunagrahita sama dengan materi yang diberikan kepada siswa reguler; (2) metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan siswa lain yaitu ceramah yang divariasikan dengan metode tanya jawab, latihan soal, dan simulasi, (3) media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran yang sederhana, seperti: LKS, papersheet dan gambar; (4) prinsip umum maupun khusus pembelajaran telah terlaksana, akan tetapi prinsip individualisasi, prinsip pemecahan masalah, dan prinsip pendidikan berbasis kebutuhan individu tidak terlaksana (5) hambatan yang dialami guru antara lain, semua guru tidak mendapatkan pembekalan untuk mengajar siswa tunagrahita, waktu pendampingan yang kurang; dan (6) respon siswa tunagrahita selama pembelajaran kurang positif.
Kata kunci: layanan pembelajaran, siswa tunagrahita, SD Negeri Basin
Abstract
This research aimed to descrribe learning services for student with mental retardation in SD Negeri Basin, Kebonarum, Klaten. This research used descriptive methods. Data collection techniques used interview, observation, and documentation. Data were analyzed by using descriptive and qualitative analysis with the steps collection, data reduction, data display, and conlusion/verification. The results showed that learning services for student with mental retardation in SD Negeri Basin included: (1) providing the same material among student with mental retardation and reguler students,
(2) learning methods are applied together with other students that lectures were varied by question and answer method, exercises, and simulations that are adapted to the material, (3) instructional media used is simple media tends on print media such as worksheets and papersheet, (4) learning principles have been implemented, but teachers don’t implement the principle of individualization, problem solving principles, and the principle of needs-based education in the learning of student with mental retardation, (5) barriers experienced teachers in teaching is the teacher didn’t get a briefing to teach students with mental retardation, and (6) mild mental retardation student responses during learning is less positif.
Keywords: learning services, student with mental retardation, SD Negeri Basin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.