IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan prestasi belajar IPA melalui penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IVA SD N Rejowinangun 1 sejumlah 26 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan prestasi belajar IPA melalui penerapan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan aktivitas dan tes prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengkomunikasikan dan prestasi belajar IPA siswa meningkat setelah diberi tindakan melalui pendekatan saintifik.
Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan, prestasi belajar, pendekatan saintifik
Abstract
This research aim to improve communicating skill and science learning achievement through scientific approach implementation. The research were a collaborative action research which conducted in two cycles. The subjects were 26 students of grade IV A of SD N Rejowinangun 1 Yogyakarta. The object of this research were the improvement of communicating skill and learning achievement of natural science through a scientific approach. Data collection techniques conducted by the observation of students activities and students learning achievement test. Data analysis technique used qualitative and quantitative descriptive analysis. The results showed that the students’ communicating skills and learning achievements of natural science increased after given action through a scientific approach.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.