PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUITCASE BOARD PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III SD

Dimas Setyo Aji

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Suitcase Board pada operasi hitung  perkalian.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  dan  pengembangan  (research  and development),  dengan menggunakan  7  dari  10  langkah  dari  model  Borg  and  Gall.  Teknik pengumpulan  data  yang  dilakukan  adalah  wawancara,  observasi,  dan  angket.  Teknik analisis  data menggunakan  deskriptif  kuantitatif.  Produk  penelitian telah  melalui  perencanaan,  validasi  materi, validasi media, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan utama. Validasi dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 praktisi. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,75 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,72 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan awal oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4,563 dengan kategori “sangat baik”. Dan hasil uji coba lapangan utama oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4,863 dengan kategori “sangat baik”.

Kata kunci: Media, Suitcase Board, Perkalian

 

Abstract

This  study  aims  to  produce  Suitcase  Board  learning  media  products  in  multiplication  counting operations. This type of research is research and development, using 7 out of 10 steps from the Borg and Gall model. Data collection techniques used were interviews, observation, and questionnaires. The data analysis technique used quantitative  descriptive.  The  research  product  has  gone  through  planning,  material  validation,  media validation, initial field trials, and main field trials. Validation was carried out by 1 material expert, 1 media expert, 1 practitioner. The results of the validation of the material obtained an average score of 4.75 in the "very good" category. The results of the media validation obtained an average score of 4.72 in the "very good" category.  The  results  of  the  validation  by  the  teacher  obtained  an  average  score  of  5  in  the  "very  good" category. The results of the initial field trials by students obtained an average score of 4.563 in the "very good" category. And the results of the main field trials by students obtained an average score of 4.863 in the "very good" category.

Keywords: Media, Suitcase Board, Multiplication


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.