ENGELOLAAN KELAS IV SD N 5 WATES

Dian Erawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas IV SD N 5 Wates. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas IV dilakukan dengan cara Pengelolaan Kelas (fisik), Pengelolaan Siswa, teknik preventif, dan teknik kuratif. Pengelolaan Kelas dapat terlihat dari cara guru kelas IV mengatur tempat duduk, mengatur alat-alat pengajaran, menata keindahan kelas, membersihkan ruang kelas, serta ventilasi dan pengaturan cahaya. Pengelolaan Siswa dilakukan oleh guru kelas IV dengan cara membentuk organisasi siswa di kelas, pengelompokan siswa, dan peraturan kelas. Sedangkan teknik yang digunakan oleh guru kelas IV yaitu teknik mencegah dan teknik mengatasi tingkah laku siswa. Teknik mencegah tingkah laku siswa yaitu memberikan sikap tanggap, memberikan perhatian secara visual dan verbal, menegur dengan bijaksana, memusatkan perhatian kelompok, memberi petunjuk dengan jelas, dan memberi penguatan. Sedangkan teknik kuratif yang dilakukan oleh guru kelas IV yaitu memodifikasi tingkah laku, mengatasi permasalahan kelompok, menemukan dan mengatasi masalah, dan sistem sanksi.

Kata kunci : guru kelas IV, pengelolaan kelas, siswa

 

Abstract

This study aims to describe the classroom management at grade IV of 5th State Elementary School. The data were collected by observing, interviewing, and documenting. Afterwards, the data were further analyzed by using the Miles and Huberman’s data analysis technique. The data validity were tested by using technical triangulation and source triangulation. The technique of data analysis are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result of this study shows that the classroom management at grade IV is carried out by the classroom arrangement (physical), student arrangements, preventive techniques, and curative techniques. The classroom arrangements can be seen from the way of the teacher arranges the seats, the teaching tools, and the classroom neatness, also cleans the classroom and ventilation, and adjusts the light. The students are arranged by forming students’ organization in the class and class rules. Meanwhile, the teacher uses preventive techniques and techniques to overcome students’ behavior. The techniques used by the grade IV teacher to prevent students’ behavior are providing responsive attitudes, giving visual and verbal attention, reprimanding wisely, focusing group attention, giving clear instructions, and giving reinforcement. While the curative techniques used are modifying behavior, overcoming group problems, finding and overcoming problems, and using sanction system.

Keyword : Grade IV teacher, classroom management, student

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.