UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Ratna Dwi Ratih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas II SD Negeri Delegan 2 tahun ajaran 2019/2020 menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ≥ 70. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar mateamtika siswa kelas II SDN Delegan 2. Berdasarkan tes pada siklus I nilai ratarata meningkat dari 64,48 menjadi 73,2 dengan ketuntasan belajar meningkat dari 40% menjadi 68%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada memfokuskan perhatian siswa dengan membaca ulang permasalahan, membagi siswa dalam kelompok yang lebih kecil, memberikan bimbingan dan motivasi, memberikan pertanyaan, dan menunjuk siswa untuk menyampaikan kesimpulan. Nilai rata-rata menjadi 82,52 dengan ketuntasan belajar 92%. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus II menjadi 95%.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil belajar matematika

 

Abstract

This research aims to improve mathematics learning outcomes for grade II students of SDN Delegan 2 in the 2019/2020 school year using the Realistic Mathematics Education approch (RML). This type of research is classroom action research using the Kemmis and Mc Taggart models. This research was implemented at Elementary School Delegan 2 with 25 students consisting of 14 male students and 11 female students. Data collection techniques used were, lesson plan, tests and observation sheet. The data of this research were analyzed by descriptive qualitative and quantitative descriptive. Indicator of success in this research was 75% of students have reached the KKM, which is ≥ 70. The results of the research by applying a realistic mathematical education approach can improve mathematics learning outcomes in grade II students at SDN Delegan 2. Based on tests in the first cycle the average value increased from 64.48 to 73.2 with completeness learning increased from 40% to 68%. In cycle II, with an improvement in focusing students attention by rereading the problem, dividing students into smaller groups, providing guidance and motivation, giving questions, and appointing students to submit conclusions. Average value of 82.52 with 92% mastery learning. Increased student activity in the firs cycle reached 70% and in the second cycle to 95%.

Keywords: Realistic Mathematics Learning Approach, Mathematics learning result


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.