PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA KOMIK EDUKASI PADA SISWA KELAS V

Nikmatul Barokah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui media komik edukasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas V. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah menggunakan media komik edukasi. Peningkatan ditunjukkan dengan pertama, siswa bisa memahamai isi cerita, lebih antusias dan tidak jenuh dalam pembelajaran. Kedua, menangkap makna tersurat dan tersirat, siswa sudah bisa menangkap pesan dan maksud penulis. Ketiga, yaitu menyampaikan simpulan, siswa sudah dapat membuat kesimpulan isi cerita. Hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dapat dilihat dari hasil ketuntasan siswa pada siklus I memiliki skor 63,21 dan siswa yang sudah mencapai ketuntasan sebanyak 11 siswa atau 47,82. Terjadi peningkatan pada siklus II rata-rata skor perolehan menjadi 70,04 dan siswa yang sudah mencapai ketuntasan sebanyak 18 siswa atau 78,27%.

Kata kunci: komik edukasi, keterampilan membaca pemahaman

 

Abstract

This research aims at improving comprehension reading skills through educational comic media. The research was Classroom Action Research (CAR). The subject were students of grade V. The data analysis techniques were quantitative and qualitative descriptive. The results of the research show that the implementation of educational comic media can improve student’s comprehension reading skills. The increased was indicated by the first, students can understand the contents of the story, more enthusiastic and not saturated in learning. Second, capturing the explicit and implied meanings, students have been able to capture the message and the intent of the author. Third, that was convey conclusions, students have been able to draw conclusions from the story. The average score of students’ comprehension reading skills in cycle I was 63,21 with 11 students or 47,82% who had achieved mastery. It increased to 70.04 with 18 students or 78.27% who had achieved mastery in cycle II.

Keywords: educational comics, comprehension reading skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.