PENGARUH DAKON MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KELIPATAN PESEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR

Muhammad Tamyiz Al Khamidy

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dakon matematika terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB kelas IV siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas 4a dan 4b sejumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan uji tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata kedua kelas, Uji N-Gain, Uji-t. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media dakon matematika. Hal ini dibuktikan Uji N-Gain yang diperoleh pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,47 > 0,11. Selain itu dari Uji-t kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai t sebesar 2,549 dan signifikansi 0,015. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,549 ≥ 2,041 atau nilai sigifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,015 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa media dakon matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Kata kunci: hasil belajar, media dakon matematika, KPK, FPB


Abstract

This research aims to determine the effect of dakon mathematic media on mathematic learning outcomes in least common divisor and greates common divisor material of fourth grade in elementary school .The type of this research was a quasi-experimental with nonequivalent control group design. This research was used 39 students from 4a and 4b class. The technique of data collection used were test and observation sheet. The analysis test was descriptive statistics by comparing the mean of two classes, N-Gain Test, and T-Test. The result of this research provides there are significant effect when used dakon mathematic media which proved by the result of N-Gain test of experimental and control groups is 0,47 > 0,11. Besides, the result of T-Test from experimental and control groups is the value of t is 2,549 and significant 0,015. The value of thitung is higher than ttable , there is 2,549 ≥ 2,041 or the value of significant is smaller than 0,05, there is 0,015 < 0,05. Based on that data, it can be conclude that there is significant effect of dakon mathematic media learning on mathematic learning outcomes.

Keywords: learning outcomes, dakon mathematic media, least common multiple, greatest common divisor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.