PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA

Ria Wijayanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar cetak berbasis komunikasi visual materi panas dan perpindahannya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Baciro Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan menjadi 3-D. Subjek uji coba adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah  deskriptif kualitatif , deskriptif kuantitatif, dan statistik deskriptif. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,246 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,2 dengan kategori baik. Penilaian praktisi mendapatkan skor rata-rata 4 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas mendapatkan skor rata-rata 3,04 dengan kategori baik. Hasil uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 3,29 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 72,52 menjadi 80,95 dan N-Gain memperoleh skor 0,306.

Kata kunci: bahan ajar, komunikasi visual, panas dan perpindahannya

 

Abstract


This research aims at producing print teaching material based on visual communication in heat and heat transfer material that can improve learning outcomes of 5th grade Baciro Yogyakarta Elementary School. This Research and Development modified 4-D model designed by Thiagarajan to 3-D. The research subjects were 5th grade students of elementary school. The data collection techniques used interview, observation, test, and questionnaire. The data analytics used qualitative descriptive, quantitative descriptive, and descriptive statistics. The result of the material expert’s validation got an average score 3,246 with good category. The result of the media expert’s validation got an average score 3,2 with good category. The result from practicioner got an average score 4 with excellent category. The result of limited testing got an average score 3,04 with good category. The result of wide scale testing got an average score 3,29 with excellent category. Students’s average learning outcomes increased from 72,52 to 80,95 and got score 0,306 for N-Gain.

Keywords: teaching material, visual communication, heat and heat transfer



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.