IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH

Bayu Adi Pratama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah dibentuk dalam proses kegiatan yaitu: 1) kegiatan rutin yang dilakukan warga sekolah setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali maupun setahun sekali; 2) kegiatan spontan dilakukan oleh guru maupun siswa pada saat itu juga tanpa direncanakan; 3) pengkondisian diciptakan untuk mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter baik secara fisik maupun nonfisik; serta 4) keteladanan ditunjukkan oleh guru maupun siswa dengan memberikan contoh sikap dan perilaku yang baik di sekolah.

Kata kunci: pendidikan karakter, budaya sekolah

 

Abstract

This research aims at describing the implementation of character education through the school culture in SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta. This research used descriptive qualitative approach. The subject of this research was SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta and the interviewees were principals, class teachers, and students. The data collection was done through observation, interviews, and documentation. Data validity was checked using source and technical triangulation. Data analysis technique used Miles & Huberman’s model which include data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results show that the implementation of character education through school culture is formed in process of activities, such as: 1) routine activities carry out by school residents every day, once a week, once a month or once a year; 2) spontaneous activities carry out by teachers and students without being planned; 3) conditioning is done to support the implementation of character education both physically and non-physically; and 4) examples are demonstrated by teachers and students through giving epitome of good attitudes and behaviors in school.

Keywords: character education, school culture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.