PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS I

Redita Adriyani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Media Pembelajaran visual yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan Sembilan langkah, yaitu penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional dan penyempurnaan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil akhir validasi ahli materi dan media mendapat skor rata-rata 4,18 dan 5. Hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 4,45, 4,6 dan 4,62. Dengan demikian, media visual untuk pembelajaran tematik layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas I SD.

kata kunci : media visual, pembelajaran tematik


Abstract

This research aims at producing a product in the form of visual learning media that is suitable for use in learning. This research was a development research that refers to the model development by Borg & Gall with nine step, namely Research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing and final product revision. The data were collected by conducting interviews, observasion and questionnaires. The data analysis technic used quantiaive descriptive statistic. The final results of the material and medium expert validation get an average score of 4.18 and 5. The result of preliminary field testing, main testing field, and operational field testing an average score of 4.45, 4.6 and 4.62. Therefore, the visual learning media for thematic learning is suitable for use in the learning process in first grade students of elementary school.

keywords: visual, thematic learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.