PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE OUTDOOR STUDY

Rohmat Edyyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD N 1 Pengasih Kecamatan Pengasih tahun ajaran 2018/2019 dengan metode outdoor study . Jenis penelitan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Pengasih. Desain penelitian yang digunakan yaitu mengguankan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang terdapat tiga tahapan, yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan dan pengamatan (3) Refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai dengan kategori baik atau sangat baik sebesar 47%, dan setelah diberikan tindakan siklus II meningkat menjadi atau 94% dan rata-rata pencapaian kerjasama perindikator sebesar 69% dan setelah diberikan tindakan siklus II rata-rata pencapaian kerjasama perindikator adalah 80%. Hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA pada tindakan siklus I, 59% siswa mencapai KKM, setelah diberikan tindakan siklus II, 82% mencapai KKM.

Kata kunci: Kerjasama, Hasil belajar kognitif, outdoor study

 

Abstract

This study was aimed to improve the cooperation and the cognitive learning outcomes of grade IV science subjects of 1 Pengasih Elementary School in Pengasih districts in the 2018/2019 school year with an outdoor study  method. The type of research conducted is Classroom Action Research. The subjects of this study were fourth grade students of 1 Pengasih Elementary School. The design of the research used was using the Kemmis and McTaggart models, there were three stages (1) Planning (2) Implementation and observation (3) Reflection.  In the first action cycle, the number of students who scored with the category of Good or Very Good numbered 8 students or 47%, and after being given the action of cycle II it increased to 16 students, or 94% of students scored with the category of good or very good and the average achievement of indicator cooperation was 69% and after being given the second action cycle the average achievement of the collaboration of indicators improved to 80%.  Cognitive learning outcomes of science subjects in the action of the first cycle, 59% of students in the class who can achieve KKM, after being given the second cycle of action, 82% of students reached the KKM.

Key words: Collaboration, cognitive learning outcomes, outdoor study


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.